PENILIK ADA DAN BISA

Jumat, 08 Februari 2019

KIPRAH PENILIK: MEMPERKUAT SINERGISITAS ORMIT, MENINGKATKAN MUTU LAYANAN PROGRAM PAUD DIKMAS

Oleh M. Kasim

Ada apa ini? Judul coretan yg mengingatkan orang akan  bentuk karya tulis formal: skripsi/tesis. Serius amat......

Penilik dalam menjalankan tugas dan fungsinya selaku pelaksana dalmut (pengendali mutu) dan evdam ,( evaluasi dampak),
hrs mmpu menjalin komunikasi yg efektif dg lembaga atau PTK PAUD n Dikmas. Tingkat kualitas komunikasi yg dilakukan penilik menjadi satu diantara faktor penentu kualitas dalmut dan evdam.

Mengapa? Komunukasi efektif akan mmberikan peluang komunikator (pemberi pesan) dan komunikan (penerima pesan), agar terjalin hubungan sosial yg saling menyenangkan dan akhirnya mmpermudah melakukan suatu tindakan. Artinya jika Penilik mmpu menjalin komunikasi efektif dg lembaga organisasi mitra (ormit) dan anggotanya, maka akan mempermudah melakukan dalmut dan evdam.

Dalam melakukan komunikasi dengan berbagai ormit (HIMPAUDI, HIPPKI, HISPPI, FPKBM, FTBM, IGTKI , APSI), penilik dpt  menggunakan berbagai jenis pendekatan. Pendekatan yg dimaksud adlh formal dan informal.
1)Pendekatan formal, artinya melalui proses atau kegiatan kedinasan atau resmi.
2) Pendekatan informal, yg dilakukan melalui jalur tdk resmi. Artinya, berlangsung dlm suasana yg lebih santai.

Konsep inilah yg dijadikan visi dan misi IPI Kab. Tulungagung, Jatim, selama periode kepengurusan mulai th 2014-skrg. Bahwa untuk mendukung tugas dan fungsinya selaku pelaksana dalmut dan evdam,  "membangun Sinergitas dg ormit, untuk meningkatkan mutu layanan program PAUD dan Dikmas".
Hal tsb bukan berarti, bahwa slma ini hubungan antara IPI dg ormit,  tdk/blm baik, melainkan  menekankan bgmn meningkatkan hubungan menjadi lebih terprogram dan terstruktur dg baik.

Adapun program yg sudah dan sedang berjalan dlm rangka membangun Sinergitas tersebut adlh:

A. PENDEKATAN FORMAL
Mmbentuk tim-tim kerja, bersama, dg melibatkan ormit:

1). Kepengurusan PKG PAUD  tingkat Kab

a)Fungsi dan tugasnya:
- melakukan inventarisasi permasalahan yg muncul di PKG PAUD di tingkat  kecamatan.
- Melakukan koordinasi persiapan berbagai kegiatan perlombaan spt Lomba Gugus / Lmbaga PAUD .

b).Kepengurusan terdiri atas:
Pengawas TK, Penilik PAUD, Guru PAUD (TPA-TK)

2). Tim Pengembang PAUD.

a). Tugas dan fungsinya:
-Menyusun/mmbuat  sumber belajar, media pembelajaran dan termasuk bahan ajar PAUD.
- Melakukan kajian-kajian permasalahan PAUD, secara umum yg muncul .

b). Kepengurusan:
Pengurus dan anggotanya:
- Pengawas TK, Penilik PAUD, Guru PAUD ( TPA- TK).

3). Tim pengembang Kurikulum 2013 PAUD.

a). Tugas dan fungsi.
- Membantu mempercepat proses  sosialisasi K. 13 PAUD.
-Melakukan inventarisasi dan kajian permasalahan dari proses implementasi K. 13 PAUD.

b) Kepengurusan dan Anggota.
-Pengawas TK, Penilik PAUD, dan Guru PAUD ( TPA-TK).

B. PENDEKATAN  INFORMAL
Pendekatan informal adlah kegiatan2 yg tdk terkait langsung dg program PAUD dan Dikmas.  Oleh sbb itu, kegiatan berbentuk kegiatan yg lbh pada acara yg menonjolkan di luar program layanan . Adapun fungsinya sangat bermanfaat bagi lembaga, baik  untuk intern atau ekstern:

1 )Intern:

a).untuk menumbuhkan/ meningkatkan hubungan sosial/ kekeluargaan antara sesama ormit dan anggotanya.

b).Membuka peluang kemungkinan terjalinnya kerjasama saling menguntungkan antara ormit.

2)  Ekstern: 

a). Sebagai upaya "show force"  kpd masyarakat umum, utk mmberikan pemahaman ttg Prog. PAUD dan Dikmas. Masyarakat banyak yg blm tahu. Misalnya, masyarakat lbh mengenal Kejar Paket, dr pada istilah Dikmas. Termasuk juga : PKBM, TBM , blm dikenal oleh skuruh masyarakat ,  bhwa semuanya termasuk program layanan PAUD dan Dikmas.

b). Membuka peluang, diliriknya program layanan PAUD dan Dikmas, oleh DU/DI (Dunia Usaha/Dunia Industri), sehingga meningkatkan kemandirian lembaga.

Kegiatan - kegiatan informal antara lain:

- Halal BI halal GTK PAUD dan Dikmas se-Kab.
- Gebyar PAUD dan Gelar Karya GTK PAUD dan Dikmas. Konsepnya Gebyar PAUD dilaksankan dg kegiatan pameran (stand hasil karya GTK PAUD dan Dikmas), Pentas Seni, perlombaan dan keg. OR bersama.

Beberapa catatan yg perlu disampaikan dg upaya "sinergisitas ormit" :
- Penilik hrs membekali diri dg kompetensi baik yg terkait dg program layanan maupun keterampilan komunikasi efektif. Hal ini untuk menumbuhkan tingkat kepercayaan ormit beserta anggotanya. Kapabilitas dan akseptabilitas Penilik hrs di atas rata-rata.

-IPI hrs mmiliki soliditas di tingkat kepengurusan, maupun dg dukungan anggota. Soliditas dan dukungan anggota, sangat penting, krn sbaik apapun program kerja IPI tanpa adanya dua hal tsb, maka:

"sebuah obsesi hanya menjadi mimpi tanpa arti"

Syaratnya: prinsip transparansi dan akuntabilitas organisasi hrs dijaga.

Demikian, sedikit hal yg kami coba rajut dan jalin dg benang sutra...yg kami coba semai dan tabur dg benih cinta...yg kami coba siram air  telaga agar tumbuh sabana...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IKM PAUD: ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) PAUD SERUPA SILABUS

  Oleh M. Kasim Menyambung artikel sebelumnya, mencermati konsep dan bentuk fisik ATP. Terus terang, artikel ini memungkinkan memantik dis...