PENILIK ADA DAN BISA

Jumat, 08 Februari 2019

KIPRAH PENILIK: ANDRAGOGI, KITA PERLU TAHU....

Oleh M. Kasim

Pernahkah Bpk/Ibu/Sdr..diicuekin. audien..ketika berbicara menyampaikan materi/sesuatu informasi..di acara seminar, workshoo, parenting...rapat RT/RW ?
Pdhal..semua materi, strategi, bahkan media sdh dipersiapkan..secara matang..Pasti dalam hati..berkata..(ini orang.kok kebangeten banget...)...

Sebagai pembicara/pemateri..maka tdk cukup hal2 tersebut..saja yg disiapjan. Sering dilupakan orang..bahwa  saat itu sdang berhadapan orang dewasa..Orang dewasa..yg hadir tdk dengan dlm keadaan kosong. Masing-masing memiliki sesuatu..baik yg terkait secara langsung atau tdk langsung dg topik/materi kegiatan. Sesuatu bisa berupa opini , persepsi bahkan..prinsip berdasarkan pengalaman masing2. Di sinilah, apapun profesi pembicara,..perlu mmahami konsep dan implementasi andragogi...

Andragogi adalah seni dan pengetahuan dlm mmbantu orang dewasa belajar. (Knowles, 1970). Berdasrakn bstasan ini, jlas pebelajar orang dewasa, lbh aktif dlm bljar. Peran pendidik sebatas, penuntun dan  fasiitator... Konsep yg berbeda dg.  Pedagogi,  yaitu seni dan pengetahuan mendidik anak2.

Selanjutnya, diuraikan ada 4 anggapan dasar  perbedaan andragogi dg pedagogi:

1). Konsep diri: anak-anak cenderung bergantung, org dewasa biasanya mandiri.

2).pengalaman: anak2 terbatas, dewasa sumber bljr berharga..

3). Kesiapan belajar: anak2 tetpusat pd satu objek, dewasa.lebih matang dan luas

4).  Orientasi belajar: terpusat, utk lewati ujian, dewasa terpusat penyelesaian msalah..

Dari uraian tersebut, dpt dipaparkan bbrapa strategi pada saat berbicara dg audiens org dewasa, bahwa pembicara harus beranggapan:

1). Orang dewasa, bukanlah pihak yg nihil topik/tema. Seberapapun kadarnya, telah memilik hal tersebut.. Prmbicara dpt memanfaatkan kondisi sbagai bahan mmperkaya dan mmperdalam bahasan..

2). Orang dewasa mmemiliki konsep belajar karena kebutuhan. Maka, topik dan tema harus berorientasi kpd hal2 yg tidak jauh dengan kesehariannya. (pekerjaan, budaya, sosial dsb) . Pembicara berupaya mmberi penguatan atau kontribusi nyata.

3).Orang dewasa..memiliki target dan agenda yg berbeda-beda. Oleh sbb itu,  pada awal pertemuan, pembicara sebaiknya melakukan hal2:
- kespakatan materi/topik (jumlah/luasnya)
- kesepakatan waktu kegiatan Pembicara menyampaikan waktu yg dibutuhkan. dan mrnawarkan kpd audien..brp yg dispakati.

Demikian,..semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IKM PAUD: ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) PAUD SERUPA SILABUS

  Oleh M. Kasim Menyambung artikel sebelumnya, mencermati konsep dan bentuk fisik ATP. Terus terang, artikel ini memungkinkan memantik dis...