PENILIK ADA DAN BISA

Kamis, 07 Februari 2019

PARENTING; PENGUATAN ORTU, TENTANG KONSEP DASAR PAUD


                                                   Oleh M. Kasim

Bapak/Ibu Penilik...
Sebagaimana yg dipaparkan pada Parenting Part I, bhwa penilik juga ikut berperan mmberi penguatan pada orang tua ttg pemahaman konsep.dasar  PAUD. Hal ini perlu dilakukan, sbb blm semua lbg PAUD berhasil melakukan "kesepakatan" diawal tahun ajaran (awal masuk lembaga). Kesepakatan yg dimaksud adlah menyamakan persepsi ttg konsep dasar PAUD, agar tingkat harapan orang tua sama dengan prinsip2 pembelajaran PAUD yg diselenggarakan lembaga.

Kegiatan dilakukan, pada saat KBM berlangsung. Guru2 PAUD bersama anak2..kegiatan di luar..
dan ortu yg ada (maaf, PAUD jenis SPS, di desa biasanya, ortu/wali selalu mengantar dan menunggui).
Kegiatan ini juga bisa dilakukan setelah ada kesepakatan dg lmbaga, misal melalui undangan khusus..

Berikut adlah kegiatan penilik pada saat melakukan parenting, namun disajikan dg bentuk "dialog imajinatif".


Penilik:
"Assalanualaikum wr.wb. Selamat pagi Ibu2, Mbak dan..ada yg mbah yaa.."

Ortu:
Waalaikum salam wr.wb... selamat pagi...ada yg nenek..paak..

Penilik:
Waah..ni yg ceria kok ndak hanya anak/ ,cucunya...yg skolah siapa siih..

Ortu: 
(tertawa lepas..)

Penilik:
Ibu2.. saya a.n. pemerintah mengucapkan terima kasih kpd ibu2 smuanya..yg telah mbantu program pemerintah menyukseskan ..PAUD.....(berhenti sejenak).. PAUD itu makanan apa siih...

Ortu:
(tolah- toleh)..(ada yg nyelutuk)..Sekolah anak kecil..paak..(diikuti tertawa ibu2 yg lain)..

Penilik:
Betul..kalau besar..bukan anak..tp bapaknya anak...

Ortu: (geerrrrr......)

Penilik:
Ibu2..Pemerintah semakin menyadari bahwa jika bangsa ini ingin maju...ternyata..syarat utma bangsa ini hrs pinter. Agar bangsa ini pinter..maka..sekolahnya..tidak cukup..dimulai sejak TK..apalagi SD...

.(heniiing..sejenak)..

Dan ini juga sdh terbukti di bbrapa negara2..bahwa.. negara2 yg maju...adlah negara yg  sekolah PAUD nya..berhasil dan maju pula...

Ibu2... Menurut..orang2ahli pendidikan...otak manusia itu.. 50% atau separuhnya berkembang pesat pada saat  usia 0-4th. ,sedangkan separuhnya 5-18 thn.

(jeda sejenak...)
Artinya, jika anak sdh dididik dg baik sejak sblum usia 4 th, maka kelak anak bisa 100%....optimal/pinter.
Sebaliknya, jika pendidikannya baru di mulai di atas 4 th, maka..tdk mencapai 100%..dan hanya mencapi 50%...karena..yg 50%..terlewatkan....

(berhenti sejenak.., kelihatan kening ibu2 berkerut..dan pandangan mata..kosong alias gagal paham....)

Sulit dipahami ya buu... Sudah.. begini...kalau anak ibu2..sekolahnya..di mulai PAUD...sebelum usia 4 thn..
maka, ibarat otak itu sebuah gelas...maka kelak bisa terisi penuh...

(diam sebentar......)
Sebaliknya...umpama anak ibu,2 pendidikannya dimulai.di.atas 4 th, misal  TK atau malah2 langsung SD...maka ibarat gelas..tdk akan bisa penuh, dan hanya terisi 50%, ..atau separuh...
atau disebut tdk...

Orangtua: ..(ada yg njawab..).."kebbeeeg...."
(disusul tertawa bersama.....)

Penilik:
Ibu2..sendiri lho..yg ngatakan..kalau "tidak kebeg" (cttn: tdk kebeg, artinya tdk penuh, atau arti lain sebutan utk orang  "tdk waras")...

Penilik:
Termasuk..ibu2 dan saya juga..krn dulu tdk ikut PAUD...maka juga termasuk kelompok  yg itu tadiiii..
(tertawa bersama.......)

Nahh...berarti..sekrang ibu2...sdh ngerti ttooo..mengapa PAUD penting...krn..biar anak2 ibu nanti...pinter 100%....

Nah...mulai srkarang klo ditanya tetangga..: Mbak/Buu/Mbaah..kok gaya..anaknya ..diikutkan PAUD..

Jawab saja: biar anakku/cucuku jadi org yg pinter dan "kebeg"...

Orangtua: (spontan serentak..tertawaa.)

Penilik:
Nah..ibu2..slanjutnya..yg perlu ibu2 tahu...gmn siih..cara belajarnya PAUD..?

Begini ibu2...pernah lihat petani nanam jagung..?

(orgtua manggut2)

Petani..ketika memupuk jagung..itu disesuaikan dg usia jagung...ketika masih kecil...ngasih pupuk ya sedikit... Kenapa klo banyaak..?

Orangtua: 
layyuu pak !!
Mattiii..Pak..!!

Penilik:
Betul... klo masih kecil..diberi pupuk melebihi batas..tdk menjadi subur..tapi malah sebaliknya...
Trus..yg baik...mupuk jagung..sebelum berbuah.

Artinya,..anak kecil juga demikian buuu...Mmberi pelajaran juga sesuai umur... Untuk PAUD..blm waktunya anak dipaksa membaca, menulis dan berhitung...itu nnti akan dibelajarkan di SD...
Masa PAUD...anak hanya mebgenal huruf dan angka..dan itupun sesuai kmmpuan anak2...dan melalui bermain yg menyenangkan..

Ibu2..klo ndak ingin anak2..layyuuu..trus klengeer.. ya jangan maksa anak utk baca, tulis dan hitung...gmn? Pengin anak ibu demikiaaann...!?

Ortu:
(koor..)...TIDDAAAAKKK...!!!

Penilik:
Nah...baguuss., eh., canttiiik...Itu baru ibu yg baik...

Nah..ibarat..beli spd motor baru,  yg bukan matic lhooo.. Ibu2.makai pertama pasti mulai dari gigi roda 1,..stelah..halluuss jalannya....baru oindah gigi roda 2...3..dst..
Ndak bisa dibayangkan..klo spd motor baru..dinyalakan.. trus langsung masuk gigi roda 4..trus ggaass..ppuuuoooll..

Orangtua:
+@#¥&%%@#%&%¥#???!!?%#@¥%%%%

Sekian..terima kasih
Suminten ketiban timbo, cekap sakmanten atur kawulo..

(terjemah bhs Ind:: mohon maaf bila ada kata yg salah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IKM PAUD: ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) PAUD SERUPA SILABUS

  Oleh M. Kasim Menyambung artikel sebelumnya, mencermati konsep dan bentuk fisik ATP. Terus terang, artikel ini memungkinkan memantik dis...