PENILIK ADA DAN BISA

Jumat, 08 Februari 2019

PARENTING: DIALOG IMAJINER

Rekan2 Penilik..berikut dipaparkan..materi Parenting, dg bentuk "dialog imajiner"...dg judul:

ORANG TUA: GURU YANG UTAMA

******************

Assalamualaikum wr wb ....
Selamat pagi Bpk/Ibu ...sekalian....

Sebelumnya.. saya ucapkan terimakasih atas kehadiran bpk/ibu sekalian....krn ini menunjukkan bahwa bpk/ ibu memiliki rasa tanggung jawab atas Pendidikan anak...

Perlu diingat .. pendapat Bpk Pendidikan Nasional, Ki Hajar Dewantara, yg tgl  kelahirannya diperingati dan ditetapkan sbg Hardiknas.
Masih ingat.tanggal brp...??

Ortu/Wali:
2 Mei......!!!

Penilik:
Betuull...tgl 2 Mei,..
Menurut beliau... bhwa Pendidikan berlangsung dlm kerangka konsep Tri Pusat Pendidikan, atau disebut Trilogi Pendidikan, yaitu:
- Keluarga
- Sekolah
- Masyarakat.

Bpk/ibu.. sekalian...hrs.menyadari akan pentingnya peran org tua bagi Pendidikan anaknya.

Bahwa orangtua/keluarga adalah Guru yg Utama... Sblumnya .. coba jwab pertanyaan...:
Dimana yg paling lama anak menghabiskan waktu utk berinteraksi / bergaul... dr tiga pusat pendidikan tsb..??

Ortu/wali:
Keluarga/ortu...!!!

Penilik:
Betul....!!!
Ditinjau dari segi waktu,...anak  paling lama berada di keluarga .. Sementara di sekolah.. anak usia dini sekitar 2 jam.
Di masyarakat/ tetangga tdk lbh lama drpd sekolah..

Di keluarga.. anak paling lama.... Oleh sbb itu ..penelitian terakhir menyimpulkan...
prosentase keterpengaruhan dari tiga pusat pendidikan:
- Keluarga, 60%
- Lembaga/sekolah, 20 %
- Masyarakat, 20 %

Gmn..Bpak/ibu paham..??

Ortu/wali:
( diam membisu)...

Penilik:
Saya yakin ...Bpk/ibu memahami...cuma masih malu2 utk menjawabnya....

Ortu/wali:
(Tersenyum kecut)...

Penilik:
Oke...kita lanjutkan...
Dg demikian dpt disimpulkan...bhwa klg...sbnarnya yg plg besar tgg jawabnya..atas keberhasilan pendidikan..anaknya... krn hampir sebagian besar anak bersama klg.

Nahh...oleh sbb itu..benar kata org: dibalik anak hebat, ada keluarga yg hebat...
Sebaliknya...kesalahan klg dlm mendidik anak, akan berkontribusi besar bg kegagalan pendidikan anak...

Kembali ke prosentase waktu tadi.... Jika prosentase 80 %, tdk maksimal dimanfaatkan oleh klg,... maka...siapa yg memanfaatkan. ..??

Ortu/wali:
Sekolah...!!!

Penilik:
Sekolah terbatas ...

Ortu/wali:
Masyarakat..!!!

Penilik:
Betul.... Kemungkinan besar masyarakatlah yg memanfaatkan waktu anak ...yg disia-siakan oleh klg....

Permasalahannya,..masyarakat itu heterogen.. bermacam-macam... adat..budaya... kebiasaan... Nah yg membahayakan adalah ada oknum/ org jahat yg memanfaatkan waktu luang anak...

Maka..hrs dipahami...dan Bpk/ibu jng melemparkan tgg.jawab...jika terjadi kasus2.. :
- kenakalan remaja, bahkan anak..( anak SMP/SD ..bahkan TK..sdh berani memalak/ menarget tmnnya)
Atau kasus pelecehan seksual/ tindakan asusila..
- Kekerasan/ kejahatan thd anak: penculikan, penganiayaan, kejahatan seksual ( pedopilia).

Ortu/wali:
(tiba2 ada yg angkat tangan...)
Tanya boleehh...??

Penilik:
Alhamdulillah...
silahkan...

Ortu/wali:
Begini...sbnarnya kami paham akan tggjawab kami sbg orngtua.... permasalahannya...kami kan hrs kerjaaaa....trus anak di rmh ..sendiri...bersama pembantu... Trus waktu kami terbatas sekali ketemu anak.....

Penilik:
Itu adlh maslh dihadapi hampir semua orgtua: keterbatasan waktu, krn sibuk kerja.....
Menyikapi hal tsb, yg hrs dingat dan dilakukan org tua:

1). Prinsipnya, peran orgtua tdk tergantikan oleh siapapun. Oleh sbb itu, jika peran tsb dilimpahkan kpd pihak lain, hrs tetap mmpertimbangkan....jng sampai mengurangi keterpenuhan kebutuhan pendidikan anak. Cara mengatasi: Carikan baby sister, atau titipkan anak di Penitipan Anak. Hal ini utk menjamin bahwa anak tetap memperoleh pendidikan dan pengasuhan yg benar.

2).Jika kuantitas kebersamaan dg anak kurang, maka jaga kualitasnya. Artinya, biarpun sedikit kesempatan bersama dengan anak, tp manfaatkan dg sebaik-baiknya.
Caranya:
- jaga kehangatan, keceriaan, kasih sayang, kelembutan...biarpun sbnarnya dlm kondisi yg lelah...

-berikan pengertian..bhwa sbnarnya..Bpk/ibu sayang..dan ingin selalu bersama anak...tp krn perlu kerja..utk mmenuhi kebutuhan hidup klg....maka terpaksa jarang/tdk bisa lama bersama anak.

3). Jadilah Orangtua Pembeljar. Orgtua hrs berupaya seoptimalnya.. melanjutkan pendidikan dan pembelajaran di lembaga/sekolah.

Apa yg telah diterima anak di sekolah..tdk akan berhasil maksimal jika tdk dilanjutkan oleh orangtuanya di rumah.

Pendidikan secara keseluruhan hrs dipahami ortu. Tiga hal : sikap, pengetahuan dan keterampilan, semua dibutuhkan anak.

Oleh sbb itu, hal yg hrs diperhatikan orgtua:

- seringlah berkonsultasi/berkoordinasi dg guru, ttg anaknya. Bgmn perkembangannya? Apa kendalanya? Apa yg bisa dibantu..? Apa yg hrs dilakukan di rumah..?

- Siapkan Pendidikan anak sejak dini, misal: asuransi pendidikan, sisihkan dana untuk mencukupi kebutuhan anak, jika PAUD: belikan alat permainan, atau sarana bermain...agar kebutuhan anak terpenuhi.

-  Orgtua PAUD hrs paham, dunia anak adlh dunia bermain.
Anak bukan miniatur org dewasa. Beri kesempatan seluas-luasnya utk bermain. Kewajiban orgtua adlh melakukan kepengawasan....

Nah...bapk/ibu sekalian....itu sedikit yg dpt saya sampaikan pd kesempatan ini....
Ada kurang lebihnya mohon maaf...
Pesan terakhir...jadilah orgtua yg hebat...krn anak2 hebat terlahir dr Ortus yg hebat...

Wassalamu'alaikum wr.wb...

********************

Demikian.. rekan2 Penilik...semoga bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IKM PAUD: ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) PAUD SERUPA SILABUS

  Oleh M. Kasim Menyambung artikel sebelumnya, mencermati konsep dan bentuk fisik ATP. Terus terang, artikel ini memungkinkan memantik dis...